Dyslexia bukan merupakan ketidakmampuan fisik seperti masalah penglihatan atau pengucapan akan tetapi bentuk ketidakmampuan dalam hal membaca

Dyslexia bukan merupakan ketidakmampuan fisik seperti masalah penglihatan atau pengucapan akan tetapi bentuk ketidakmampuan dalam hal membaca, menulis, dan menghitung. Seperti yang terdapat dalam video, si anak sangat kesulitan dalam membaca, tulisannya pun kurang bagus dan susah untuk dipahami oleh guru dan teman sebayanya. Kemampuan menghitungnya pun sangat-sangat kurang, seperti yang terdapat dalam video si anak menyatakan satu dikali empat itu sama dengan tiga. Selain itu penderita dyslexia juga ketika melihat huruf-huruf dalam bacaan terlihat menari-nari atau bergoyang seperti yang terdapat dalam video, ketika guru menyuruh anak untuk membaca sang anak justru mengatakan bahwa hurufnya menari-nari. Selain itu juga penderita dyslexia ketika berbicara, artikulasi yang dikeluarkannya kurang jelas. Dyslexia juga mengarah kepada otak, bagaimana otak dalam mengolah kata ataupun ucapan. Penyebab dyslexia bisa jadi karena faktor genetik atau turunan, ketika ayah atau ibu atau keluarga sebelum-belumnya mengalami dyslexia maka tidak menutup kemungkinan sang anak juga mengalaminya. Maka dari itu sebagai orang tua tidak sepatutnya bersikap kasar atau menjustifikasi anak sebagai seorang anak yang malas dan bodoh, namun sikap kita sebagai orang tua yang mengerti seharusnya instrospeksi diri dulu selalu dimarahi atau menegur anak. Anak itu sebenarnya merasa sangat tertekan karena selalu mendengarkan cemoohan dari teman dan marahan dari kedua orangtuanya. Sehingga tersebut mengalami tekanan batin yang luar biasa yang berdampak negatif bagi lingkungan sekitarnya, seperti sering berkelahi baik dengan teman satu kelas atau pun teman rumah.
Selain faktor terjadinya dyslexia , ada juga gejala yang dialami oleh penderita dyslexia salah satunya adalah yang terdapat dalam video yakni ketika anak kesulitan dalam mengurutkan dan menyebutkan huruf abjad dari A-Z. Anak ketika menyebutkan huruf A-Z yang seharusnya setelah huruf D itu E si anak menyebutkan F-Z. Ciri dysleksia itu salah satunya adalah sulit mengeja kata atau suku kata dengan benar, seperti yang terdapat dalam video, sang anak berusaha dalam menuliskan kata hakim dan masih kebingungan dalam membedakan huruf yang dianggapnya sama seperti b dan p.
Cara mengatasi dyslexia pada anak dengan menggunakan metode multy sensory, yaitu anak akan diajarkan mengeja secara perlan-pelan dan penuh kesabaran. berdasarkan apa yang didengarnya lalu diucapkan kembali dan juga memanfaatkan kemampuan memory visual atau penglihatannya seperti yang terdapat dalam video guru dengan penuh kesabaran mengajarkan anak sampai dengan berhasil. Di sini guru yang mengajarkan anak penderita dyslexia harus mengetahui benar-benar mengenai hal ini dan bisa merasakan apa yang saat ini dialami oleh anak didiknya yang menderita dyslexia, agar antara guru dan anak didiknya sama-sama merasakan. Anak tersebut mengalami surface dyslexia, karena anak mengalami kesulitan dalam membaca. Di sini peran kedua orang tuanya sangat-sangat diperlukan untuk mendukung dan memberikannya semangat sang anak untuk belajar. Sebenarnya anak penderita dyslexia itu anak yang memiliki keistimewaan, karena mempunyai daya pikir yang lebih jauh dari pada kita yang normal. Terbukti dalam video anak penderita dyslexia mengetahui tokoh penemu lampu, teman-teman yang normal baik yang seumuran ataupun yang usianya lebih dari anak itu belum tentu ia mengetahui tokoh tersebut, namun ia mengetahuinya. Maka dari itu kita tidak boleh meremehkannya, karena sesungguhnya dibalik kekurangaan itu ada kelebihan yang dimilikinya. Semua anak yang dilahirkan ke dunia ini memiliki kelebihaan dan kekurangan masing masing, tergantung setiap individu yang menyikapinya. Begitupun penderita dyslexia, kalau dalam dirinya ada keinginan yang kuat untuk belajar dan ingin sembuh agar bisa seperti teman yang lain, maka anak tersebut akan sembuh dan berhasil karena usaha tidak akan membohongi hasil.

x

Hi!
I'm Simon!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out